KNOW YOUR HEROES 1: SPIDERMAN

SPIDERMAN

Kali ini gue mau ngebahas tentang superhero yang bernama Spider-man. Pasti semua orang tau tentang tokoh superhero ini (anda yakin mengenal dia sepenuhnya???). Oke, penciptaan superhero ini tidak semudah apa yang kalian bayangkan. Semua dimulai akhir 1950-an, ketika Archie comics meminta Joe Simon membuat tokoh superhero baru, muncullah ide yang diberi nama silver spider (kakek buyut/cikal bakal spidey), lalu Joe membicarakan gagasan itu dengan Stan Lee, berlatar belakang seorang anak muda yang menemukan cincin di jaring laba-laba dan mendapat kekuatan untuk melawan kejahatan, lengkap dengan pistol penembak jaring (not so spiderman like). Joe membuat si silver ini terlalu berotot (kaya hulk gitu deh), Stan Lee tidak setuju dengan ide itu lalu ia mengoper tugas ini kepada Steve Ditko, dan muncullah ide SPIDER-MAN seperti apa yang anda kenal sekarang huahuahua. Spidey pertama kali mucul di kumpulan komik Amazing Fantasy #15 pada Agustus 1962 (tua juga ya si spidey).

THE SPIDER AND THE MAN STORY

Peter Benjamin Parker adalah putera dari Richard Parker dan Mary Fitzpatrick-Parker (agen CIA dan juga anggota S.H.I.E.D).

Mereka berdua ditugaskan untuk menyusup ke markas Red Skull (musuhnya Captain America) ke-3 yang bernama Albert Malik.Sialnya mereka ketahuan dan dibunuh oleh Red Skull. Lalu putera mereka di rawat oleh kakak Richard, Benjamin Parker dan istrinya May Reilly Parker (Paman Ben dan Bibi May) yang tinggal di daerah perumahan Forest Hills di Queens, New York. Tidak seperti jagoan yang lain, Spider-man memiliki bejibun masalah, ia dibenci oleh editor-in-chief Daily Bugle, Jonah J. Jameson, sehingga koran itu menjelek jelekkannya di mata publik. Pacar pertamanya tewas saat bertarung dengan Green Goblin karena mempertahankan identitas gandanya, ia sempat berpisah dengan Mary Jane (walaupun rujuk lagi). Itu baru sebagian kecil masalah yang harus dihadapi Spidey, belum lagi maslah uang, masalah di kantor, masalah di sekolah (gue aja yang baca puyeng). Tapi mungkin ini yang menyebabkan Spidey digemari oleh para pembaca, diluar petualangannya yang seru dan kemampuan superhero-nya, ia tetaplah manusia biasa, yang harus menghadapi masah yang juga dialami oleh kita semua 'with great power comes great responsibilty'.

SPIDEY'S VILLAIN

DR. OCTOPUS alias Doc Ock musuh spidey npaling klasik dan pertamakali muncul di Amazing Spider-Man (vol. 1). Otto Octavius adalah ahli nuklir,  penemu, dan dosen yang sewaktu kecil sering dipukuli oleh ayahnya, ia menciptakan mesin yang berbentuk tentakel yang tahan radiasi, kuat, dan lincah untuk eksperimen kimia atom. Dalam eksperimen itu terjadi kesalahan dimana alat itu menyatu dengan tubuhnya, bahkan dapat diperintah langsung oleh otak.

GREEN GOBLIN munul pertama kali di Amazing Spider-Man (vol. 14). Pada dasarnya kekuatan Goblin berasal dari serum yang menambah kekuatan dan kepandaian, tapi membuat pemakainya menjadi gila. selama ini sudah ada 5 orang yang silih berganti menjadi green goblin, yaitu : Norman Osborn, Harry Osborn, Bart Hamilton, Normie Osborn, dan Phil Urich.

VENOM sebenarnya adalah alien symbiote yang ditemukan oleh spidey pada peristiwa Secret War dan dibawa ke bumi. Alien itu ingin terus menyatu dengan Peter, tapi Peter jadi hilang kendali atas tubuhnya. Singkat cerita alien itu berhasil di pisahkan dan jatuh ketangan Eddie Brock (wartawan yang dipecat daily bugle karena berita yang dibuatnya salah karena kebenaran diungkap oleh Spidey). Ia menjadi musuhn spiderman dan menamakan dirinya Venom.

CARNAGE adalah Cletus Kasady, pembunuh berantai yang bersatu dengan alien symbiote, anak Venom yang ditemukan di tengah kerusuhan pembobolan penjara. Saking hebatnya spidey pernah harus bekerjasama dengan Venom untuk menundukkan Carnage, bahkan sampai dibantu Captain America dan jagoan lainnya. terakhir ia dikoyak hancur oleh Sentry di New Avenger #2.

JACKAL adalah professor Miles Warren, manusia yang merubah dirinya secara mutagenik. Ia berhasil menyempurnakan teknologi pembuatan klon dan berperan besar di Clone Saga.

MORLUN mampu menghisap berbagai energi kehidupan melalui sentuhan. Walau ia bisa menghisap energi siapa saja, ia perlu menghisap energi 'totem' (jembatan antara manusia dan hewan), yang dalam kasus ini adalah Spidey, untuk bertahan hidup.

LIZARD sebenarnya adalah Dr. Curt Connor, ahli herpetologi dan terapi gen. Ia mempelajari genetika reptil untuk menumbuhkan kembali tangannya yang diamputasi saat perang. Ia mengembangkan terapi yang radikal dan bereksperimen dengan tubuhnya sendiri. Akhirnya ia terkontaminasi serumnya sendiri dan menjadi manusia kadal yang ingin menjadikan seluruh dunia berisi manusia kadal seperti dirinya.

MYSTERIO lebih mending dibilang kocak daripada serem, tapi fansnya banyak. Quentin Back si ahli special effect, ingin menjadi terkenal dengan mengalahkan superhero. Dengan keahlian yang unik ia berusaha untuk mengacaukan hidup spidey.



SANDMAN alias Wiliam Baker alias Flint Marco, bisa menjadi zat semacam pasir yang bisa mengeras, menyebar, dan bisa dibentuk menjadi apa saja. Kekuatannya setara dengan The Thing (fantastic four). Kekuatan ini didapat saat Flint tak sengaja terkena radiasi di pantai tempat tes bom atom, dimana molekul tubuhnya menyatu dengan pasir.

SHOCKER adalah penjahat kelas cere yang sering muncul di semua serial Spider-Man dan selalu ditangkap polisi. Ia adalah maling, perampok, dan montir. Ia membuat kostum yang menghasilkan getaran, yang bisa dijadikan pelindung serta serangan.

RHINO alias Aleksei Sytsevich adalah imigran miskin dari Russia yang ingin sekali membawa seluruh keluarganya ke Amerika. Ia dibayar untuk mencadi kelinci percobaan sebuah eksperimen yang menyatukan bahan polimer super kuat dengan kulitnya, juga meningkatkan kekuatan dan kecepatannya. Walau hanya tukang pukul, Rhino adalah musuh Spider-Man yang disukai banyak fans. 




ELECTRO adalah Maxwell Dillon, penjahat yang memiliki kekuatan listrik yang kurang PD. Kekuatannya didapat dari kecelakaan saat ia membetulkan kanel listrik (kang listrik dong), yang menjadikannya kapasitor berjalan.

HOBGOBLIN tercipta ketika Roderick Kingsley, desainer mode dan milyuner menemukan sarang Green Goblin. Ia berambisi menguasai harta kekayaan Osborn dan dunia kejahatan dengan serum Green Goblin yang ia temukan (ternyata dia maling doang toh).

SCORPION awalnya adalah macdonald 'Mac' Gargan detektif swasta yang disewa oleh J. Jameson yang penasara darimana Peter mendapat begitu banyak foto foto Spidey. Jameson membuat Gargan menjadi jadi bahan eksperimen memberi kekuatan binatang tertentu pada manusia, yang dalam kasusnya kalajengking (untung bukan lalet). Ia hanya penjahat kecil, tapi sekarang dia bergabung dengan alien symbiote dan menjadi venom.

JACK O'LANTERN memakai topeng labu terbakar dan terbang dengan glider, ia bukan penjahat yang besar, tapi sepanjang serial ia sudah berganti orang sebanyak 4 kali, diantaranya: Jason Macendale, Steve Levins, Daniel Berkhart, dan Maguire Beck.  

CARRION klon pertama Dr. Miles Warren yang mulai hancur, yang ternyata hanyalah senjata virus genetika. Terakhir Dr. William Allen terinfeksi saat memeriksa Jackal dan berubah menjadi Carrion.

Oke, cukup sekian postingan superhero gue kali ini (kepanjangan deh kayaknya), gue akan balik lagi untuk ngebahas info info yang pastinya belom kalian tau, until that time, bye.










Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer